Goes to Jabar: Dosen Pendidikan IPS UNESA Isi Kuliah di PGSD UGJ Cirebon

Cirebon, 24 Oktober 2024 – Program Studi PGSD Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon kedatangan dosen tamu dari Pendidikan IPS Unesa Surabaya. Beberapa dosen Pendidikan IPS dari Universitas Negeri Surabaya (UNESA) hadri sebagai bagian dari program visiting lecturer yang menjadi program penguatan kelembagaan program studi IPS. Acara yang dilaksanakan pada 24 Oktober 2024 ini mengusung tema “Hakikat Pendidikan IPS” dalam mata kuliah Konsep Dasar IPS Lanjut, bertujuan memperkaya pemahaman mahasiswa PGSD terkait konsep dan penerapan Pendidikan IPS di Indonesia.
Kegiatan kuliah tamu ini menghadirkan beberapa dosen tamu berpengalaman, yaitu Dr. Silvi Nur Afifah, M.Pd., Muhammad Ilyas Marzuqi, M.Pd., Dr. Durrotun Nafisah, M.Pd., dan Dr. Asnimawati, M.Pd. Selama sesi perkuliahan, para dosen menyampaikan materi yang mendalam tentang landasan teoritis serta tujuan utama Pendidikan IPS, terutama bagi calon guru sekolah dasar yang harus memahami konsep dasar ini agar mampu menerapkan pendekatan yang sesuai bagi siswa.
Dr. Silvi Nur Afifah menekankan pentingnya Pendidikan IPS sebagai bidang yang menghubungkan siswa dengan realitas sosial, sehingga mampu meningkatkan pemahaman mereka tentang lingkungan sekitar serta berbagai masalah sosial. Sementara itu, Muhammad Ilyas Marzuqi, M.Pd., menyoroti bagaimana Pendidikan IPS membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah yang sangat relevan dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Dr. Durrotun Nafisah menambahkan bahwa pemahaman mendasar tentang IPS akan memberi bekal bagi siswa untuk menjadi warga negara yang aktif dan bertanggung jawab. Dr. Asnimawati, sebagai penutup, menekankan bahwa pendekatan kreatif sangat penting untuk menjadikan Pendidikan IPS lebih menarik dan mudah dipahami siswa.
Kegiatan visiting lecturer ini diharapkan dapat menjadi jembatan kolaboratif antara PGSD UGJ dan UNESA dalam pengembangan ilmu dan metode pembelajaran IPS yang relevan dan efektif. Mahasiswa PGSD menyambut baik kehadiran para dosen ini dan mengaku mendapat wawasan baru yang sangat bermanfaat. Kolaborasi ini diharapkan menjadi langkah awal untuk berbagai kegiatan akademik lainnya antara kedua institusi.